Andai Aku Menjadi Menteri Perekonomian


Dalam hidup ini kita pasti pernah bermimpi. Kata orang “ jangan terlalu sering bermimpi, nanti bisa gila” apa salahnya untuk bermimpi? Selagi kita mempunyai keyakinan dan tekad untuk bisa mewujudkannya, kenapa tidak?! Walaupun nantinya banyak hambatan yang akan dihadapi, ya.. itulah hidup. Hidup tidak akan jauh dari hambatan, justru dari situlah bisa kita jadikan sebagai pengalaman. Ingat pepatah yang mengatakan “belajarlah dari pengalaman” semakin banyak pengalaman semakin terbuka lebar jalan menuju sukses. Selain menambah pengalaman juga akan menjadikan kita menjadi lebih dewasa dan lebih baik lagi nantinya.

Saya pernah bermimpi ingin menjadi menteri perekonomian Indonesia. Kenapa? Saya ingin meningkatkan perekonomian Indonesia agar tumbuh makin kuat dan tumbuh merata. Kalau itu terjadi, maka kesejahteraan rakyat Indonesia bisa ditingkatkan secara signifikan dan juga saya ingin memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Seperti yang kita ketahui, Indonesia kaya akan sumber daya alam, hanya saja oleh pemerintah tidak dimanfaatkan secara maksimal, sebenarnya Indonesia berpotensi menjadi negara besar  apabila dapat dikelola dengan baik dan Indonesia bisa menjadi Negara yang mandiri yang tidak tergantung kepada Negara – Negara lain.

Sumber daya alam sebagai salah satu modal dasar pembangunan, pengelolaan dan pemanfaatannya harus sebaik mungkin dengan berbagai cara yang tidak merusak alam. Dalam hal ini bertujuan agar sumber daya alam semakin besar manfaatnya untuk pembangunan di masa yang akan datang. Dalam pengelolaannya sumber daya alam ini yang utama adalah mencegah timbulnya pengaruh negatif yang timbul terhadap lingkungan dan mengusahakan kelestarian sumber daya alam agar bisa digunakan terus menerus untuk generasi di masa depan.

Sumber daya alam dan tingkat perekonomian suatu negara memiliki kaitan erat, dimana kekayaan sumber daya alam secara teoritis akan menunjang pertumbuhan ekonomi yang pesat. Akan tetapi, pada kenyataannya hal tersebut sangat bertentangan karena Negara- Negara di dunia yang kaya akan sumber daya alamnya seringkali merupakan Negara dengan tingkat ekonomi yang rendah.

Menurut saya masalah yang dihadapi Indonesia ini bagaimana mengelola semua sumber daya alam itu dengan semaksimal mungkin demi kepentingan rakyat dan juga negara. Salah pengelolaaan sumber daya alam itu memicu terjadinya kerusakan lingkungan, menipisnya sumber daya alam, pelanggaran hak asasi manusia, korupsi, dan kemiskinan. Kekayaan alam yang melimpah tersebut belum mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat secara signifikan.

Hambatan yang dihadapi Indonesia dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam seperti kurangnya tenaga ahli dalam bidang sumber daya alam, mahalnya saran prasarana, kerjasama dengan perusahaan asing yang merugikan, dan transportasi ke daerah sumber daya alam tersebut mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan. 

Mengatasi masalah tersebut memang sepenuhnya tidak bisa diserahkan kepada pemerintah saja tetapi membutuhkan dukungan antarpihak seperti masyarakat, pemerintah, dan dunia usaha. Dan perlu dilakukan pembenahan sistem pemerintahan, pengalihan investasi dan pengarahan ekonomi ke bidang industri lain, serta peningkatan transparansi dan akunbilitas dalam  pemberdayaan sumber daya alam. Contoh Negara yang berhasil mengatasi hal tersebut dan menjadikan kekayaan alam sebagai pemicu pertumbuhan Negara adalah Norwegia dan Botswana. Seharusnya Indonesia bisa mencontoh negara tersebut, mengingat kekayaan alam Indonesia yang sangat tidak terbatas ini. 

Seperti yang dilansir okezone.com, banyak negara yang diprediksi mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi karena terjadinya krisis global. Walaupun begitu, Indonesia diperkirakan memiliki potensi yang baik untuk bangkit dan berkembang. Pasalnya pertumbuhan ekonomi Indonesia bertumbuh signifikan.
CEO MNC Group Hary Tanoesudibjo (HT) mengatakan, saat ini Indonesia sedang diuntungkan atas krisis global yang berdampak pada negara - negara maju. Hal ini merupakan kesempatan Indonesia untuk berkembang dan memanfaatkan situasi ini semaksimal mungkin.

Dengan adanya kesempatan ini, menjadi momentum  Indonesia untuk bangkit dengan mengatasi permasalahan – permasalahan yang saat ini menjadi penghambat, dalam meningkatkan nilai perekonomian di Indonesia.

Dia menilai, jika memang kita bisa membenahi ini semua maka sumber daya alam di Indonesia yang saat ini tersedia sangat banyak sekali bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin yaitu dengan tujuan agar bisa mendukung laju perekonomian Indonesia. 

Selain membenahi sumber daya manusia, dia berpendapat sumber daya alam yang ada di Indonesia harus dikelola dengan bijak. Menurutnya dalam penggunaannya tidak maksimal dan lebih cenderung disia-siakan.

Jika dilihat dari sumber daya alam yang dimiliki indonesia, Menurut saya ada baiknya Indonesia menekankan pada sektor pariwisata sebagai aktivitas di bidang ekonomi. Indonesia memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam yang dapat mendukung pengembangan dalam berbagai sektor salah satunya seperti pariwisata. Peranan pariwisata sangatlah penting dalam peningkatan pembangunan nasional. Oleh karena itu, sektor pariwisata memiliki hubungan dan potensi yang besar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini. 

Sektor pariwisata seharusnya juga menjadi bagian dari industri/ekonomi kreatif karena benar-benar membutuhkan kreativitas untuk menjadikan suatu wilayah geografis tertentu sebagai destinasi pariwisata. Kata kuncinya adalah menciptakan “daya tarik” di wilayah tersebut. Sebagai contoh, ketika pantai di suatu wilayah geografis tertentu akan dipromosikan sebagai daya tarik wisata, maka keindahan pantai itu sendiri belum tentu dapat menarik perhatian wisatawan, karena ada ribuan pantai di Seluruh Dunia. Diperlukan suatu kreativitas tertentu untuk menjadikan pantai tersebut berbeda dari pantai-pantai yang lain sehingga menarik perhatian wisatawan.

Tetapi ada berbagai masalah yang berpotensi mengganggu rencana pengembangan kepariwisataan Indonesia, seperti lemahnya perencanaan pembangunan infrastruktur khususnya wilayah-wilayah sekitar tempat wisata, lemahnya penegakan hukum mengenai tata guna lahan, kurang ketersediaannya fasilitas umum yang memadai (termasuk untuk orang cacat),  rendahnya kualitas lingkungan hidup, kurang memadainya sistem pengolahan sampah, dan tingginya angka kriminalitas. Jika masalah itu dapat terselesaikan maka akan banyak wisatawan asing maupun lokal yang akan berkunjung, dengan begitu akan membantu pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Jika perekonomian Indonesia baik maka kesejahteraan rakyat pun akan terjamin.


Referensi:
id.wikipedia.org/wiki/sumber_daya_alam
adeintannurani.blogspot.com
http://www.budpar.go.id/asp/detil.asp?c=101&id=1153

0 komentar:

Posting Komentar